Poktan Infive Panen 43 Kilogram Sayur dan Ikan

By Al


nusakini.com - Jakarta - Kelompok Tani (Poktan) dan Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan) Infive RT 14 RW 01 Kelurahan Gunung Sahari Utara, Sawah Besar, Jakarta Pusat, panen 12,5 kilogram sayuran dan 30,5 kilogram ikan.

Ketua Poktan Infive, Hasan Supandi mengatakan, 12,5 kilogram sayuran yang dipanen hari ini terdiri dari 10,5 kilogram Pakcoy dan dua kilogram Kangkung.

"Untuk sayuran kita memanen setelah menunggu selama 28 hari," katanya.

Hasil panen sayuran ini, lanjut Hasan, dijual ke masyarakat dengan harga Rp 20 ribu perkilogram untuk sayur Pakcoy dan Kangkung Rp 15 ribu perkilogram.

Sementara 30,5 kilogram yang dipanen dari dalam ember, jelas Hasan, terdiri dari 20,5 kilogram ikan Lele, tujuh kilogram ikan Nila dan tiga kilogram ikan Patin. Untuk Ikan Lele dijual Rp 25 ribu perkilogram, serta ikan Nila dan Patin seharga Rp 45 ribu perkilogram.

"Hasil penjualan ini akan digunakan kembali untuk pembelian bibit, nutrisi dan biaya perawatan," tutur Hasan.

Camat Sawah Besar, Prasetyo, mengapresiasi hasil kelompok tani ini. Menurutnya, ini merupakan kegiatan positif yang memiliki nilai tambah secara ekonomis untuk anggotanya sekaligus menciptakan ketahanan pangan masyarakat.

"Saya berharap semua warga, khususnya di Sawah Besar, bisa memanfaatkan lahan kosong untuk kegiatan urban farming," ucap Prasetyo.

Kepala Satuan Pelaksana Sudin KPKP Kecamatan Sawah Besar, Anette Nisa Octivani menambahkan, pihaknya sudah melakukan pendampingan dan pembinaan terhadap Poktan Infive ini sejak 2017.  

"Kami akan terus melakukan pendampingan pembinaan kepada warga dalam proses bercocok tanam," tandasnya.